Minggu, 23 Februari 2014

manajemen farmasi



Resume Manajemen Farmasi
Antonia Adeleide Anutopi
118114081/FKK A 2011
 
 


Manajemen bersifat dinamis. Manajer dapat diartikan sebagai seseorang yang mengawasi orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Seorang manajer yang ideal juga harus dapat mengawasi dirinya sendiri.
                Ada 3 macam manajer :
1.       Seseorang yang mengatur pekerja lain/first line manajer/supervisor.
Contoh : Kaprodi.
2.       Middle manajer.
Contoh : Dekan.
3.       Top manajer/CEO.
Seseorang yang bertanggung jawab terhadap keputusan organisasi.
Contoh : Rektor.












Manajemen memiliki konsep :
1.       Efisiensi.
Pekerjaan yang dilakukan harus berdasarkan prosedur, sehingga output yang dihasilkan optimal.
2.       Efektivitas.
Pekerjaan yang dilakukan adalah hal yang benar sehingga tercapai tujuannya.
                Manajemen merupakan ilmu tentang efisiensi dan efektivitas termasuk seni yang tidak boleh ditiru. Fungsi management antara lain :
1.       Menyiapkan rencana dengan membuat strategi untuk mencapai tujuan.
2.       Mengatur struktur kerja.
Bagaimana caranya, hasil yang diperoleh.
3.       Kerja sama.
Interaksi dengan orang lain.
4.       Memonitor kerja
Pembenaran cara kerja harus sesuai rencana.
Manajer harus bisa menjadi :
1.       Seorang pemimpin
2.       Panutan
3.       Menyalurkan aspirasi
4.       Penghubung antara pasien dengan tenaga kesehatan lain
5.       Pengawas
6.       Pembawa berita
7.       Juru bicara
8.       Pengambil keputusan, antara lain :
a.       Bagaimana mengatasi sebuah gangguan.
b.      Bisa melakukan negosiasi.
c.       Informasi pendukung yang di dapat, jelas.
Hal-hal yang dapat dilakukan oleh seorang manajer, antara lain :
1.       Berinteraksi, baik dengan orang lain, organisasi, maupun dengan stake holder seperti konsumen.
2.       Melakukan refleksi.
3.       Melakukan aksi, antara lain menguasai pekerjaan lapangan.
4.       Pendekatan ketrampilan, antara lain :
a.       Memiliki teknik yang cukup (lower level manajer)
b.      Dapat bekerja sama dengan orang lain (middle manajer)
c.       Memiliki kemampuan untuk membuat konsep (top manajer)
Ketrampilan yang harus terdapat di dalam diri seorang manajer, yaitu :
1.       Conceptual skill
a.       Mampu menggunakan informasi untuk memecahkan masalah bisnis.
b.      Mampu mentransfer ide melalui kata atau tindakan.
2.       Skill komunikasi
a.       Mampu membangun kepercayaan dari mitra kerja
3.       Skill efektivitas
a.       Mampu melakukan kontribusi dengan tujuan organisasi.
b.      Mampu melakukan negosiasi.
c.       Mampu membuat skala prioritas.
d.      Mampu mengatur waktu.
4.       Interpersonal skill
a.       Mampu mementor orang lain.
b.      Mampu bekerja dengan orang yang memiliki latar belakang yang berbeda.
5.       Skill managemen
a.       Mampu menyelesaikan masalah secara kreatif.
b.      Menghargai keberagaman.
c.       Mampu membuat anggaran.
d.      Mampu menghasilkan output yang produktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar